Home » Bunga Papan » Kebiasaan Upacara Pemakaman berdasarkan Agama dan Budaya

Kebiasaan Upacara Pemakaman berdasarkan Agama dan Budaya

Kebiasaan Upacara Pemakaman di Indonesia berdasarkan Agama dan Budaya

papan bunga murah turut berduka cita atas kepergian harga 500 ribuKematian sahabat atau orang yang dicintai adalah saat yang sangat sulit dan emosional. Oleh karena itu merupakan hal yang sangat penting untuk memahami berbagai jenis upacara pemakaman. Dengan mengetahui adat istiadat dan kebiasaan upacara pemakaman yang ada, kita dapat memilih jenis bunga dan rangkaian yang tepat untuk mengucapkan belasungkawa tanpa menyinggung keluarga yang ditinggalkan.  Di bawah ini adalah panduan untuk menghormati almarhum berdasarkan tradisi, agama atau budaya pada acara pemakaman.

Protestan

Ungkapan simpati yang biasa dilakukan adalah mengirim kartu ucapan, menghadiri acara pemakaman, mengirim bunga ke keluarga almarhum atau rumah duka, menyumbang amal, atau membawa makanan ke rumah keluarga almarhum.

Upacara pemakaman pada agama Protestan menekankan kehidupan setelah kematian dan merayakan kehidupan orang yang meninggal melalui kenangan dan testimoni. Saat upacara pemakaman kita cukup berpakaian sopan, tidak seperti dahulu yang harus memakai pakaian hitam tradisional.

Katolik

Rangkaian bunga dukacita dapat dikirim ke rumah duka atau ke kediaman keluarga. Sumbangan dapat dikirim atas nama almarhum ke badan amal pilihan mereka. Lilin dan bunga akan banyak menghiasi upacara pemakaman. Biasanya hadirin akan melakukan menghabiskan beberapa saat untuk mendoakan secara pribadi dan kemudian menemui anggota keluarga.

Misa Pemakaman (Requiem) dilakukan di gereja Katolik oleh Pendeta. Pada misa, menyalakan lilin untuk orang yang meninggal akan membawa kenyamanan bagi keluarga yang ditinggalkan. Setelah penguburan, keluarga dan sahabat akan berkumpul di rumah anggota keluarga terdekat untuk berbagi makanan dan minuman yang dibawa oleh para pelayat.

Buddha

krans duka cita murah pita ucapan turut berduka cita krisan putihBunga berwarna putih adalah jenis bunga yang biasa digunakan pada acara pemakaman umat buddha dan dapat dikirim ke keluarga yang ditinggalkan. Hindari mengirim bunga berwarna merah atau hadiah makanan karena dianggap sebagai hal yang buruk. Sumbangan untuk keluarga atau badan amal yang ditunjuk atas nama almarhum diperbolehkan.

Saat upacara pemakaman, ada kebiasann untuk menyalakan lilin dan dupa sampai jenazah almarhum dibawa ke tempat pemakaman atau crematorium. Pelayat harus menyapa keluarga dan mengucapkan bela sungkawa, lalu mendekati peti mati dan membungkuk untuk memberikan penghormatan terakhir. Pengunjung biasanya akan memberikan donasi kepada keluarga saat upacara pemakaman.

Jalannya upacara pemakaman akan dipimpin oleh seorang biksu di rumah duka. Para tamu diharapkan untuk membungkuk sedikit ke arah tubuh almarhum yang ada di dalam peti terbuka sebagai tanda penghargaan atas pelajarannya bahwa tidak ada yang kekal. Pakaian bernuansa putih biasanya akan dikenakan oleh keluarga yang berduka; sementara sahabat akan memakai pakaian bernuansa hitam.

Pemakaman Agama Hindu

Acara pemakaman akan dipimpin oleh seorang pendeta Hindu dan anggota keluarga. Upacara penghormatan terakhir akan dilakukan dan diikuti dengan kremasi 24 jam setelah kematian. Pelayat sebaiknya berpakaian sopan berwarna putih dan tidak perlu membawa bunga atau hadiah ke acara pemakaman.

Para tamu sebaiknya tidak bertukar sapa dengan pelayat lain, tetapi cukup mengangguk atau memeluk sebagai ungkapan simpati. Sedikit hal yang diucapkan akan lebih baik. Karangan bunga akan menghiasi peti terbuka dan para tamu diharapkan untuk melihat almarhum sebagai penghormatan. Sepuluh hari setelah kematian, sebuah upacara akan diadakan di rumah almarhum untuk membebaskan jiwa agar dapat naik ke surga. Jika Anda datang padasaat ini, Anda diharapkan untuk membawa parcel buah-buahan.

Chinese Funeral

Bunga yang umum digunakan adalah yang bernuansa putih atau kuning. Bunga krisan kuning merupakan bunga pemakaman tradisional yang umum digunakan. Dalam budaya Cina, keluarga yang ditinggalkan akan memakai pakaian putih di pemakaman dan tidak memakai perhiasan atau pakaian berwarna merah, karena merah adalah warna kebahagiaan.

Di Indonesia ada kebiaasan untuk mengirim bunga papan duka cita ke rumah duka. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bunga pemakaman yang diperbolehkan, sebaiknya anda menghubungi telebih dahulu rumah duka, teman dekat dan keluarga yang dapat memberi Anda lebih banyak informasi.

Pemakaman Umat Muslim

Banyak pendapat yang bervariasi mengenai kelayakan mengirim bunga ke upacara pemakaman umat Islam. Ada yang mengatakan penekanan Islam pada kesederhanaan membuat hadiah bunga sebaiknya tidak dikirimkan. Tetapi ada juga yang mengatakan mengirim bunga sebagai ungkapan belasungkawa boleh-boleh saja.

Pilihan terbaik Anda adalah anda bertanya terlebih dahulu kepada keluarga almarhum atau pada pemimpin agama setempat apakah mengirim bunga diperbolehkan. Anda dapat juga membantu keluarga menyiapkan air mawar dan bunga yang akan ditaburkan di atas pusara setelah acara penguburan.

Toko Bunga kami menyediakan pengiriman berbagai jenis bunga dukacita untuk upacara pemakaman. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di: 0821 1642 4050 atau lewat chat di WA: 0821 1533 5131. Anda bebas bertanya dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami. Staf kami siap melayani, membuatkan dan mengirimkan pesanan karangan bunga ucapan belasungkawa sesuai dengan keinginan anda.

Check Also

pot bunga anggrek bulan putih dukacita

Makna Simbolik dari Bunga Duka Cita

Makna Simbolik dari Jenis Bunga yang digunakan sebagai Ucapan Duka Cita Bahasa bunga menyediakan cara ...