Home » Tanaman Sukulen Murah

Tanaman Sukulen Murah

Tanaman Sukulen Murah di Jakarta

Arti tanaman sukulen

distributor tanaman sukulen murah di jakartaTanaman sukulen adalah nama keluarga tanaman yang sanggup menyimpan makanan atau air di dalam tubuhnya sebagai cadangan. Sukulen (succulent) memiliki lebih dari 60 jenis dan terbagi menjadi sekitar 300 genera. Asal nama sukulen  diambil dari bahasa Latin, succos yang berarti juice (cadangan air). Contoh tanaman sukulen yang paling dikenal orang adalah kaktus dan lidah buaya. Sesuai namanya, tanaman ini Jenis tanaman sukulen ini merupakan evolusi dari spesies sukulen sebagai adaptasi terhadap kurangnya pasokan air yang terbatas ditempat ia tumbuh. Arti tanaman sukulen adalah tanaman yang mampu beradaptasi di lingkungan kering dengan menyimpan persediaan air di akar, batang dan daun.

Ciri-Ciri Tanaman Sukulen

Kelebihan tanaman sukulen adalah dapat bertahan pada kondisi ekstrim tanpa air seperti pada musim kemarau. Hal ini karena ia memiliki cadangan air di daun, akar atau batangnya. Cadangan air ini membuat tanaman sukulen memiliki penampilan yang lebih “berisi” dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Sebagai contoh adenium dan Ceropegia memiliki batang dan akar yang besar, cyphostemma dan kaktus memiliki batang besar, aloe (lidah buaya) Haworthia, Lithops memiliki daun yang tebal dan kaku, serta jenis ipomoea memiliki akar bulat yang tampak menarik. Beberapa jenis tanaman sukulen memiliki bunga yang berwarna cerah.

Ciri-ciri tanaman sukulen adalah kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan untuk mengurangi penguapan air. Ada spesies yang memiliki bentuk daun silinder seperti lidi, bahkan ada yang tidak berdaun tetapi bagian batangnya mampu melakukan fotosintesis. Umumnya permukaan daun atau batang tanaman sukulen dilapisi semacam lilin yang berguna untuk mempertahankan cadangan air yang dimilikinya. Jenis tanaman sukulen yang terkenal adalah adenium, jathropa, haworthia, cactus, nolinna, aloe, euphorbia, pachypodium, adenia, cyphostemma, boophane, fockea dan lain sebagainya.

arti tanaman sukulen adalah

Bentuk tanaman sukulen bermacam-macam ada yang seperti pohon, daun tebal dan kaku yang bertumpuk-tumpuk, atau berbentuk bulat kecil berduri. Umumnya, sukulen hidup di daerah yang sangat kering dan jarang hujan. Hal ini karena keunggulan tanaman sukulen mampu mengikat air pada bagian tertentu sehingga ia dapat hidup walaupun jarang terkena air. Penyebaran tanaman ini yaitu di benua Asia, Afrika dan juga Amerika. Selain tumbuh di tanah terbuka, tanaman sukulen juga tumbuh di bawah pohon lain bahkan dapat tumbuh di batang pohon sebagai tanaman epifit. Ia juga dapat tumbuh di bawah semak-semak, tumpukan daun kering dan tempat lain yang jarang terkena sinar matahari.

Cara Merawat Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen cocok dipakai sebagai tanaman hias dalam ruangan atau untuk taman indoor. Dalam merawat tanaman sukulen harus memperhatikan kebutuhan sinar mataharinya. Karena beberapa jenis tanaman sukulen seperti Haworthia tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Selain itu sukulen juga tidak perlu diberi pupuk secara berlebihan. Pemberian pupuk cukup dilakukan sebulan sekali. Pupuk yang terlalu banyak akan mengakibatkan tanaman terlalu cepat tumbuh yang malah akan mengurangi keindahan bentuknya karena jarak daun menjadi jarang-jarang. Akibat yang lebih fatal adalah tanaman dapat menjadi cepat busuk.