Home » Artikel Bunga » Mengenal Bunga Potong Lebih Dalam

Mengenal Bunga Potong Lebih Dalam

Mengenal Bunga Potong Lebih Dalam

Definisi Bunga Potong

buket penganting bunga potong mawarBunga potong adalah bunga atau kuncup bunga (yang sering disertai beberapa batang dan daun) yang telah dipotong dari tanamannya dan sebagian besar digunakan sebagai ornamen dekoratif. Pengunaan yang umum adalah dalam media vas, standing flower dan buket tangan. Banyak petani bunga yang memanen bunga potong mereka sendiri, tetapi juga ada industri bunga yang mengkhususkan diri untuk mendistribusikan bunga potong mereka ke seluruh dunia. Bunga yang ditanam ditiap negara cukup bervariasi sesuai dengan iklim, budaya dan tingkat ekonomi lokal. Bunga potong bisa dipanen dari alam tetapi umumnya bunga ditanam khusus di lapangan atau dalam kondisi yang bisa diatur seperti dalam rumah kaca. Budidaya dan perdagangan bunga umumnya disebut florikultura.

Fungsi dan Manfaat Bunga Potong

Manfaat bunga potong adalah untuk dekorasi di dalam rumah atau bangunan. Biasanya bunga potong ditempatkan dalam media vas sebagai dekorasi di acara-acara resmi seperti upacara pernikahan. Bunga potong sering dihiasi dengan dedaunan tambahan. Di beberapa budaya, penggunaan utama bunga potong adalah untuk sarana ibadah. Fungsi ini dapat dilihat terutama di negara Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Kadang-kadang bunga dipetik daripada dipotong, tanpa daun atau batangnyan. Bunga seperti ini biasa digunakan untuk hiasan rambut, atau di lubang kancing. Kuntum bunga yang sudah terlepas juga dapat digunakan untuk taburan, misalnya mawar merah untuk acara penikahan. Karangan bunga, buket, dan krans bunga merupakan produk turunan dari bunga potong yang bernilai tambah lebih tinggi.

Produsen Bunga Potong

Produsen bunga potong terbesar di dunia dalam bidang budidaya adalah Cina, India, dan Amerika Serikat. Pengimpor dan pengekspor terbesar berdasarkan jumlah adalah negara Belanda, yang merupakan penanam dan juga redistributor tanaman yang diimpor dari negara lain. Sebagian besar ekspornya dikirim ke negara-negara tetangganya di Eropa. Dalam beberapa dekade terakhir seiring dengan meningkatnya penggunaan angkutan udara, bunga bisa dikirim kemanapun juga ke seluruh dunia.

Pasar bunga utama biasanya adalah negara maju. Negara produsen mawar yang cukup terkenal adalah Ekuador dan Kolombia, terutama untuk pasar Amerika Serikat. Mawar Ekuador cukup populer karena ukurannya yang besar. Kenya dan Uganda juga merupakan salah satu produsen bunga potong utama untuk pasar Eropa. Beberapa negara juga berspesialisasi dalam produk-produk bunga potong bernilai tinggi, seperti Singapura dan Thailand dengan anggreknya.

Bunga potong yang biasa digunakan di Indonesia

Bunga potong yang biasanya digunakan di Indonesia sebagain besar adalah tanaman lokal yang sudah ada sejak dulu dan juga tanaman impor yang cocok dibudidayakan dengan iklim di Indonesia. Contoh bunga potong lokal yang banyak digunakan di Indonesia adalah bunga aster, carnation, krisan, gerbera, lili, anggrek, mawar dan bunga matahari.

Ada juga bunga impor yang hanya tumbuh di negara asalnya, dan dikirim ke Indonesia dalam container pendingin. Contoh bunga impor yang juga banyak digunakan di sini adalah bunga tulip, mawar vietnam, mawar ekuador dll. Kelebihan dari bunga impor adalah bentuknya yang unik dengan kualitas yang baik. Kekurangannya tentunya adalah anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkannya.

Umur Bunga Potong

Begitu bunga dipotong dari tanaman asal mereka akan terus tumbuh secara perlahan tetapi juga akan terjadi berkurangnya kemampuan untuk menerima nutrisi yang penting untuk kelangsungan hidup mereka. Di sebagian besar negara, bunga potong adalah tanaman lokal karena sifatnya yang mudah rusak. Di India, sebagian besar produk bunga potong hanya memiliki mampu bertahan sehari saja. Contohnya adalah bunga marigold untuk karangan bunga di kuil, yang biasanya dipanen sebelum fajar dan kemudian dibuang setelah digunakan pada hari itu juga.

Cara Membuat Umur Bunga Potong Lebih Tahan Lama

Mayoritas bunga potong dapat diperpanjang hingga beberapa hari dengan perawatan yang tepat. Umumnya dengan cara menjaga kebutuhan air mereka dan menempatkannya di bawah naungan. Bunga potong dapat dirawat dengan berbagai cara untuk meningkatkan umur hidupnya. Menurut ahli hortikultura, menaruh bunga potong dalam vas yang steril mampu memperpanjang umur bunga. Vas dapat dibersihkan menggunakan cairan pencuci piring atau kombinasi air dan pemutih.

Menggunakan disinfektan akan memastikan lebih sedikit bakteri yang tumbuh di dalam vas yang berpotensi menyebabkan tanaman layu dan mati lebih cepat. Para ahli juga mengklaim bahwa memotong batang bunga secara diagonal dengan pisau tajam di bawah air mengalir akan membuat bunga lebih cepat menyerap air. Pemotongan batang secara berkala juga akan memastikan bahwa permukaan batang dapat mengambil air lebih cepat sehingga memungkinkan bunga bertahan lebih lama.

cara merawat bunga potong agar segar lebih lama

Cara lain untuk merawat bunga dalam vas adalah menjauhkan bunga dari kipas angin, AC dan saluran ventilasi karena dapat menyebabkan bunga cepat dehidrasi. Juga jauhkan bunga dari buah dan sayuran segar, menggunakan air yang disaring daripada air ledeng untuk menghindari klorin dan fluoride, dan jauhkan bunga dari pesawat televisi Anda.

Penggunaan Bahan Aditif

Menurut Brooklyn Botanical Garden, bahan aditif dapat digunakan untuk memperpanjang umur bunga potong segar. Penelitian mereka menemukan bahwa aditif terbaik untuk bunga adalah “makanan bunga” yang tersedia di toko bunga yang biasanya digunakan untuk karangan bunga. Tanaman akan tumbuh subur di lingkungan dengan sedikit bakteri, banyak makanan, dan penyerapan air lancar. Makanan bunga mengandung acidifier yang membantu menyesuaikan pH air. Dengan pH yang lebih rendah, air dan sistem penghantar makanan di dalam bunga dapat bekerja dengan efisiensi maksimum.

Gula dalam makanan akan digunakan oleh tanaman sebagai sumber energi yang hilang ketika bunga dipotong dari akarnya. Dengan nutrisi ini, tanaman akan dapat berkembang sepenuhnya. Pastikan batang dapat dengan mudah mengambil air dan nutrisi tanaman. Kombinasi ini akan membuat bunga potong mampu bertahan hidup lebih lama.

Demikian sedikit informasi untuk menambah wawasan tentang apa itu bunga potong dan bagaimana cara membuat bunga segar lebih tahan lama. Jika anda ingin untuk mengirim handbouquet ke seseorang yang anda sayangi, hubungi kami di: 0811 2131 579, 0821 1533 5131 atau 0821 1061 0661. Anda dapat bertanya dan berkonsultasi gratis dengan kami. Staf kami siap melayani, merangkai dan mengirimkan pesanan karangan bunga sesuai dengan keinginan anda.

 

Check Also

Teknik Pengawetan Bunga

Teknik Mengawetkan Bunga agar Tahan Lama Pengawetan bunga telah ada sejak dulu, di Timur Tengah, ...

WhatsApp chat