Home » Bunga Meja » Seni Merangkai Bunga

Seni Merangkai Bunga

Seni Merangkai Bunga

Seni merangkai bunga adalah bidang seni yang menggunakan bunga dan tanaman untuk menciptakan komposisi yang menarik dan indah. Bukti seni merangkai bunga telah ditemukan sejak budaya Mesir Kuno. Perangkai bunga profesional akan merancang desain rangkaian bunga dengan menggabungkan berbagai elemen seperti garis, bentuk, ruang, tekstur, dan warna. Prinsip-prinsip utama dalam merangkai bunga adalah keseimbangan, proporsi, ritme, kontras, harmoni, dan kesatuan. Seni merangkai bunga juga termasuk dalam rangkaian bunga wreaths, nosegays, garlands, festoons, boutonnieres, korsase, dan bows.

pengertian ikebana seni merangkai bunga dari Jepang

  • Wreath adalah karangan bunga, daun, atau batang yang diikat dalam sebuah cincin dan digunakan sebagai dekorasi atau sebagai ucapan duka cita.
  • Tussie-mussie adalah buket bunga melingkar yang membawa makna simbolis berdasarkan bahasa bunga. Garland adalah rangkaian bunga dan daun yang dipakai di kepala atau digantung sebagai hiasan.
  • Buttonniere adalah bunga tunggal sebagai dekorasi pakaian yang dikenakan oleh laki-laki. Rangkaian bunga buttonniere biasanya digunakan untuk acara-acara khusus yang menggunakan pakaian formal seperti di wisuda, pemakaman, dan pernikahan. Perempuan yang mengenakan jaket juga dapat menggunakan jenis karangan bunga ini, tetapi biasanya seorang wanita akan memakai korsase.
  • Corsage atau korsase adalah buket bunga kecil bunga yang dikenakan pada gaun wanita atau pada pergelangan tangannya untuk acara formal.

Gaya Merangkai Bunga

Terdapat banyak gaya atau model dalam merangkai bunga. Gaya Eropa adalah yang paling mendominasi industri bunga komersial  saat ini. Ikebana adalah seni merangkai bunga Jepang dengan menggabungkan tiga unsur yaitu surga, manusia dan bumi. Sebaliknya, gaya Eropa menggabungkan berbagai jenis bunga dan menekankan warna dan berbagai ornamen pendukung. Desain seni merangkai bunga di barat secara historis memiliki karakteristik gaya rangkaian bunga simetris, asimetris, horisontal, dan vertikal.

Sekolah Seni Merangkai Bunga

Seiring dengan bunga yang terus tumbuh di alam, industri bunga terus berkembang. Di negara maju, peningkatan jumlah lembaga pendidikan yang memberikan pelatihan dalam seni merangkai bunga telah diperluas dengan  banyaknya universitas serta sekolah seni merangkai bunga bersertifikat di seluruh dunia. Asosiasi industri terkemuka yang ikut mempromosikan seni merangkai bunga di seluruh dunia yaitu American Institute of Floral Desainer (AFID), The Society of American Florist (SAF), dan National Association of Flower Arranging Societies (NAFAS). Seni merangkai bunga terus menerus dipromosikan melalui berbagai lokakarya, konferensi, seminar serta pameran bunga.

Ikebana – Seni Merangkai Bunga Jepang

Arti dan Pengertian Ikebana

Ikebana adalah seni merangkai bunga Jepang yang juga dikenal dengan istilah Kado (華道) atau “Jalan Bunga”. Arti kata ikebana adalah 生け 花 atau “Bunga yang Hidup”. Bila diartikan lebih jauh, istilah Ikebana berasal dari bahasa Jepang ikeru (生ける) yang berarti “tetap hidup, merangkai bunga” dan hana (花) yang berarti “Bunga”. Jadi bila diterjemahkan ikebana adalah “membuat bunga menjadi lebih hidup” atau “merangkai bunga”.

Lebih dari sekedar merangkai bunga dalam wadah tertentu, Ikebana adalah sebuah bentuk seni dimana alam dan manusia disatukan. Bila karangan bunga biasa adalah lebih berfokus pada bunga warna-warni, maka ikebana lebih menekankan pada bagian tanaman lain seperti batang dan daun. Ikebana lebih berfokus pada  garis dan bentuk rangkaian bunga. Seni merangkai bunga jepang ikebana adalah ekspresi kreatif yang memiliki aturan tertentu dalam proses merangkai bentuknya. Di balik setiap rangkaian ikebana yang ditunjukkan melalui kombinasi warna, bentuk, dan garis yang anggun akan tersirat makna yang ingin diungkapkan oleh perangkainya.

Aspek penting dalam seni merangkai bunga ikebana adalah rangkaian yang minimalis. Ini berarti karangan hanya terdiri dari  sedikit bunga di antara batang dan daun. Struktur rangkaian bunga Jepang didasarkan pada bentuk segitiga yang  melambangkan langit, bumi, dan manusia. Atau pada aliran ikebana lainnya, segitiga tak sama sisi itu berarti sinar matahari, bulan, dan bumi. Wadah atau media merupakan elemen kunci dari suatu komposisi. Wadah yang umum digunakan adalah pot tembikar dalam berbagai bentuk.

Aliran Merangkai Bunga Ikebana

Pengertian Ikebana adalah seni merangkai bunga Jepang. Arti ikebana berasal dari kata ikeru 生ける dan hana 花 yang berarti membuat bunga menjadi lebih hidup. Ikebana adalah seni dalam mengatur potongan batang, daun, dan bunga di vas dan wadah lainnya. Untuk merangkai batang dan bunga sesuai keinginan, dibutuhkan ketrampilan untuk mengikat dan memposisikan dalam berbagai cara. Teknik khusus tersebut biasanya dipelajari dalam kelas khusus untuk belajar ikebana. Biasanya dibutuhkan waktu tiga sampai lima tahun untuk memperoleh keterampilan teknis yang baik.

Dalam seni merangkai bunga Ikebana terdapat berbagai macam aliran yang memiliki keunikan tertentu dalam merangkai berbagai bunga, batang dan daun. Pada umumnya teknik merangkai bunga dari Barat terlihat sama dari berbagai sudut pandang dan tidak perlu dilihat dari bagian tertentu. Sedangkan pada ikebana, aliran ikebana tertentu akan mengharuskan orang untuk melihat rangkaian bunga tersebut dari depan, namun pada aliran lainnya menyarankan untuk melihat rangkaian bunga 3 dimensi sebagai benda 2 dimensi.

Selama tujuh abad perkembangannya, ikebana telah memiliki banyak aliran yang berbeda. Yang paling umum adalah aliran Rikka (standing flower), Seika dan Shoka (bunga hidup), serta nageire dan moribana yang menggunakan wadah berbentuk piring. Di Jepang, umumnya rangkaian ikebana diletakkan pada tokonoma di ruang tamu. Selain itu karangan bunga jepang tersebut juga sering ditempatkan pada pintu masuk toko, ruang tamu kantor serta lobi gedung-gedung besar. Untuk memperoleh bahan baku, anda dapat memperolehnya di Toko Bunga dan pasar bunga. Di pasar kembang rawa belong tersedia berbagai jenis bunga baik lokal maupun impor yang terjangkau, serta berbagai peralatan untuk merangkai bunga.

Check Also

Bahasa Bunga

Bahasa Bunga Bahasa bunga atau floriography adalah komunikasi melalui penggunaan rangkaian bunga. Arti tertentu dalam ...