Home » Uncategorized » Tips Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan

Tips Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan

Acara pernikahan tidak harus mahal. Ada banyak cara untuk membuat resepsi pernikahan yang berkualitas dengan desain yang minimalis. Berikut beberapa tips bagi anda untuk menghemat biaya penggunaan bunga dalam acara pernikahan.

Tips Menghemat Biaya Dekorasi di Acara Pernikahan

Harga

Pedoman umumnya adalah bunga dan dekorasi untuk pernikahan adalah sekitar 10 persen dari seluruh anggaran pernikahan. Anda dapat mengetahui harga bunga yang digunakan dari toko bunga atau Pasar Bunga di sektitar tempat tinggal anda. Dari sana, Anda dapat dengan cepat menghitung berapa pengeluaran untuk bunga dan dekorasi. Ini akan memberikan konsep awal yang tepat untuk keseluruhan proses.

Lokasi Resepsi

Banyak tempat pernikahan sudah memiliki dekorasi sendiri. Pastikan untuk mengunjungi tempat tersebut atau meminta foto ruang acara sehingga Anda dapat menggunakan dekorasi yang sudah ada di tempat itu sesuai dengan keinginan Anda. Apakah ada titik fokus ruangan yang membutuhkan tambahan dekorasi? Ketika suasana alami dari tempat pernikahan dimanfaatkan dengan optimal, maka budget andadapat diinvestasikan di bagian lain yang benar-benar membutuhkan.

Pilihan Warna

hand bouket pengantin mawar merahJika latar belakang ruangan berwarna cerah – maka gunakan tones warna yang simple untuk dekorasi bunga pengantin sehingga warna-warna tersebut tidak saling bersaing. Sebaliknya, jika ruangan itu natural, gunakan bunga-bunga berwarna cerah untuk dekorasi bunga anda.

Tampilkan Centerpiece

Gunakan Centerpiece besar yang elegan sebagai elemen utama di tengah ruangan. Kemudian dari sana, buat elemen yang lebih kecil di seluruh area lainnya. Pengunjung pesta akan kagum saat memasuki ruangan, dan kemudian memperhatikan bagian-bagian kecil saat mereka melakukan mengelilingi ruangan. Tidak perlu memasang dekorasi yang berlebihan di setiap meja yang ada.

Jenis bunga & Wadah

Semakin menarik wadah dekorasi bunga maka semakin sederhana bunga di dalamnya. Dekorasi meja menggunakan bentuk geometris atau botol klasik dengan beberapa batang bunga dapat digunakan untuk menciptakan efek yang sama dengan centerpiece yang besar dan mahal. Selain itu, bunga yang sedang musim dapat berharga lebih murah dibanding bunga yang sulit didapat. Jadi pertimbangkan untuk menggunakan bunga yang sedang musim saat merencanakan acara pernikahan anda.

Tanaman Hias

Tanaman hias dapat menjadi dekorasi murah sebagai pengganti bunga. Beberapa acara resepsi pernikahan dapat menggunakan tanaman hijau dalam vas. Tekstur unik yang diberikan oleh tanaman sukulen juga dapat menjadi dekorasi alternatif. Pakis berukuran besar dapat menambah dimensi dan cocok untuk dekorasi pernikahan outdoor. Tambahkan ornamen ekstra dengan menggunakan bunga, ranting, lampu, dan lainnya untuk mencapai efek sempurna.

Gunakan Rangkaian Berbentuk Vertikal

Teknik yang umum digunakan dalam dekorasi adalah membuat ilusi visual di ruangan kecil dengan meggunakan lampu dan menggantung gambar vertikal tinggi atau cermin di dinding. Teknik ini memberikan ilusi bahwa ruangan kecil itu jauh lebih besar daripada ukuran sebenarnya karena posisi vertikal dari lampu dan gambar menyebabkan mata bergerak naik dan turun bukannya ke samping. Dekorasi yang ditempatkan secara vertikal akan menarik perhatian dari dimensi ruang yang sempit. Proses ini dapat menciptakan ilusi serupa untuk dekorasi pernikahan.

Lampu dan Kamera

Pencahayaan memainkan peran penting dalam fotografi, dan memainkan peran yang sama pentingnya dalam suasana ruang. Pencahayaan string-lighting adalah yang paling hemat biaya untuk resepsi pernikahan minimalis, dan sangat mudah dikerjakan. Ada banyak teknik pencahayaan lainnya, tetapi untuk acara yang minimalis jenis lighting ini adalah yang paling hemat biaya, fleksibel dan romantis.

Check Also

Arti Pohon Jeruk Imlek Sebagai Simbol Keberuntungan

Menjelang perayaan Imlek pada 16 Februari di tahun 2019 ini, warga keturunan Tionghoa mulai menyiapkan ...